HARI GIZI NASIONAL DAN BAKTI SOSIAL PENCEGAHAN COVID-19 DI PANTI ASUHAN

Anang Wahyudi, S.Gz., M.PH, Jumiyati, SKM., M.Gizi, Tetes Wahyu W, SST., M.Biomed, Ahmad Rizal, SKM, MM

Poltekkes Kemenkes Bengkulu, Jurusan Gizi

Panti asuhan merupakan tempat untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak yang terlantar maupun tidak mampu secara finansial. Keberdaaan mereka tentu menjadi pengingat untk kita agar selalu bersyukur kepada yang Mahakuasa. Nasib kita lebih beruntung daripada mereka karena masih bias makan, berpakaian layak, dan memiliki tempat tinggal. Bahkan dengan segala kesulitan yang dihadapi, masih ada orang tua di sisi kita.  Panti asuhan dipilih tempat untuk melakakuakn kegiatan Hari Gizi Nasional Dan Bakti Sosial Pencegahan Covid-19.

Hari Gizi Nasional yang jatuh setiap tanggal 25 Januari merupakan hari untuk memperingati ulang tahun gizi nasional. Hari gizi nasional biasanya di singkat dengna HGN. Tema nasional HGN tahun ini membawa cara yang berbeda dalam memperingatinya hal ini disebabkan karena dunia masih dirundung pandemi covid-19. Tema yang diambil untuk memperingati Hari Gizi Nasional 2021 adalah Remaja Sehat, Bebas Anemia. Dengan mengangkat sub tema yaitu Gizi Seimbang, Remaja Sehat, Indonesia Kuat.  Menyoroti anemia pada remaja wanita dan stunting pada anak. Remaja wanita yang mengalami anemia berisiko melahirkan anak stunting, mengalami Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) dan komplikasi saat hamil yang dapat berdampak pada berkurangknya mutu SDM.

Anemia dapat mengakibatkan integritas dinding sel darah merah menjadi lemah dan tidak normal sehingga sangat sensitif terhadap hemolisis (pecahnya sel darah merah). Karena vitamin E adalah faktor esensial bagi integritas sel darah merah. Maka alternatif untyk menanggulangi anemia pada remja dengan cara mengkonsumsi nutrisi vitamin E.

Pandemi COVID-19 bisa menjadi momen masyarakat untuk semakin jeli dalam menjaga keamanan makanan, tempat tinggal, dan kebersihan. Virus COVID-19 sangat berbahaya karena bisa menimbulkan gejala batuk, sesak, napas, berkurangnya rasa penciuman, bahkan bisa mengakibatkan meninngal dunia bagi penderita yang terinfeksi  Virus COVID-19. Maka dari itu kita harus melakukan pencegahan seperti mengkonsumsi nutrisi yang baik untuk imunitas tubuh kita.

Salah satu alternatif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan konsumsi vitamin C yang cukup dan teratur sesuai kebutuhan tubuh setiap harinya. Secara umum manfaat vitamin C adalah meningkatkan kekebalan tubuh dengan meningkatkan kinerja sel natural killer untuk mencari dan membunuh sel kanker atau sel lain yg membahayakan tubuh Mendukung kerja neutrofil, sel pertama dari sistem kekebalan tubuh yang merespons dengan cara menyerang bakteri atau virus. Membantu meningkatkan kinerja limfosit dalam melacak virus dan bakteri yang bisa mengancam kesehatan tubuh. Vitamin C ini juga sangat ampuh dalam membentuk antibodi yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Secara kimia, struktur molekul dari vitamin C ini dapat dilihat dari gambar dibawah ini, dimana gugus hidroksilnya siap berikatan dengan radikal bebas, benda asing termasuk virus Covid-19 ini sehingga resiko tubuh manusia (host) terinfeksi dari virus karona ini akan berkurang.

Dalam rangka memperingati hari gizi nasional (HGN) Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Bengkulu bekerjasama dengan Himpunan mahasiswa gizi (HMJ) gizi dan persatuan ahli gizi provinsi Bengkulu melakukan bakti sosial , penyuluhan gizi untuk mencegah penyebaran covid-19 dengan topik merujuk paada topik nasional REMAJA SEHAT BEBAS ANEMIA pada tanggal 30 Januari 2021, dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB  dengan penyuluhan  gizi seimbang, remaja shat, indonesia sehat.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan menangulangi pencegahan Virus COVID-1, anemia pada remaja, dan pembagian sembako dengan pembagian nutrisi berupa vitamin C, Vitamin E, dan FE. Guna membiasakan asupan nutrrisi seimbang dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Kegiatan Hari Gizi Nasional Dan Bakti Sosial Pencegahan Covid-19 Di Panti Asuhan ini dilakukan di 2 buah panti asuhan kasih sayang dan panti asuhan zam-zam global Bengkulu yang dihadiri santri, pimpinan dan pengelola panti, mahasiswa gizi, ketua dewan perwakilan daerah (DPD) Persagi dan ketua jurusan gizi. Kegiatan ini dilakukan melihat banyaknya kejadian anemia pada remaja maka santri remaja diberikan nutrisi berupa nutrisi zat besi FE, untuk meningkatkan kekebalan tubuh remaja dengan mengkonsumsi nutrisi  vitamin C guna menenggulangi kejadian  pandemik covid-19 dan pemberian sembako seperti beras, telur, minyak, mie, dll merupakan pembagian bantuan untuk meringankan beban anak-anak panti.  

Ketua DPD persagi Ahmad Rizal, SKM,MM dalam sambutanya megajak santri untuk melakukan polah hidub bersih dan sehat (PHBS) dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi dan berimbang seperti makanan tinggi zat besi FE, vitamin C, antioksidan untuk menanggulanagi masalah anemia  dan pandemic covid-19. Pimpinan panti juga melakukan kata sambutan dengan mengucapkan terima kasih kepada jurusan gizi dan DPD persagi Bengkulu atas Hari Gizi Nasional Dan Bakti Sosial Pencegahan Covid-19 yang dilakasanak dan berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan untuk membantu meringankan beban para santri.  

Penyuluhan gizi dilakukan oleh mahasiwa gizi  andra polin dengan tema penyuluhan  gizi seimbang, remaja sehat, indonesia sehat, penyuluhan berjalan gizi  dengan lancer terlihad saudara andra polin menguasi materi penyuluhan  dengan menyampaikan penuh semangat dan pesona yang baik untuk meningkatkan keaktifan santri meperhatikan materi penyuluhan. Dipihak  santri sangat aktif bertanya dan menyimak materi yang diberikan oleh narasumber.

Diakhir ketua jurusan gizi Bapak Anang Wahyudi, S.Gz., PMH. Ketua  DPD persagi Ahmad Rizal, SKM,MM Himpunan mahasiswa gizi (HMJ) gizi dan persatuan ahli gizi provinsi Bengkulu melakukan bakti social membagikan sembako, vitamin, dan hadia kuis penyuluhan kepada santriawan dan santriwati di panti asuhan kasih sayang dan panti asuhan zam-zam global Bengkulu Red.

PENYERAHAN SEMBAKAO OLEH KETUA DPD PERSAGI
PENUTUPAN HARI GIZI NASIONAL DAN BAKTI SOSIAL PENCEGAHAN COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *